Pelatihan Susenas Maret 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Bener Meriah

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kab. Bener Meriah, Jl. Bandara Rembele - Pante Raya, Wonosobo, Kec. Wih Pesam (Depan Kantor Samsat) setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s/d 15.30 (Senin-Kamis), 08.00-16.00 (Jumat), 12.30-14.00 (Istiharat) || Untuk pengaduan layanan PST BPS Kabupaten Bener Meriah, Anda dapat mengunjungi laman web : s.bps.go.id/pengaduan1117 || Kontak Informasi : 082277464846 (Amirah)

Pelatihan Susenas Maret 2024

Pelatihan Susenas Maret 2024

27 Januari 2024 | Kegiatan Statistik


Pada 27 s.d 28 Januari 2024 telah dilaksanakan pelatihan secara offline Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2024 di Hotel Grand Bayu Hill Takengon, yang sebelumnya telah dilaksanakan secara online selama 3 hari. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj. Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si., yang juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Bener Meriah, Bapak Alfahmi,ST, MAP dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Bener Meriah, Bapak Ismail, SE, M.Si sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dalam pelaksanaan susenas.
Kepala BPS Kabupaten Bener Meriah, Devi Indriastuti, SST, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) menghasilkan data yang dijadikan tolok ukur kondisi sosial ekonomi rumah tangga di Indonesia. Susenas sebagai Mother of Survey BPS menghasilkan indikator-indikator sosial ekonomi yang digunakan untuk banyak kepentingan. Perencanaan dan evaluasi program pembangunan nasional melalui kebijakan kementerian/lembaga banyak yang menggantungkan sumber informasinya dari hasil susenas.
Dari Susenas dihasilkan tiga data yang merupakan target pembangunan nasional yakni kemiskian, rasio gini, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Disamping itu data susenas juga dimanfaatkan sebagai evaluasi atas capaian indikantor-indikator tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dan Daerah (RPJMN/D) dan data dasar untuk kebijakan-kebijakan lainnya.
Sedemikian strategisnya data susenas, petugas pendata dituntut untuk memahami setiap pertanyaan serta mampu mengkomunikasikannya kepada responden secara tepat, sehingga pelaksanaan pelatihan petugas menjadi sangat penting agar petugas yang nantinya akan turun ke lapangan dapat memahami konsep definisi sehingga menghasilkan data yang akuntabel.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (Statistics Indonesia)Jl. Bandara Rembele-Pante Raya

Wonosobo

Kec. Wih Pesam. Telp/Fax:(0643) 8001034

Email: ipds1117@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik