Sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Bener Meriah

Untuk mendapatkan data BPS, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kab. Bener Meriah, Jl. Bandara Rembele - Pante Raya, Wonosobo, Kec. Wih Pesam (Depan Kantor Samsat) setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s/d 15.30 (Senin-Kamis), 08.00-16.00 (Jumat), 12.30-14.00 (Istiharat) || Untuk pengaduan layanan PST BPS Kabupaten Bener Meriah, Anda dapat mengunjungi laman web : s.bps.go.id/pengaduan1117 || Kontak Informasi : 082277464846 (Amirah)

Sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

29 Februari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada hari Kamis, 29 Februari 2024 bertempat di Aula BAPPEDA Kabupaten Bener Meriah, BPS Kabupaten Bener Meriah mengadakan sosialisasi kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024. Peserta yang hadir adalah Kepala Dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bener Meriah.
Acara ini dibuka oleh Pj. Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si yang diwakili oleh Pj. sekda Bener Meriah, Khairmansyah, S.IP, M.Sc. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas data statistik sektoral di Kabupaten Bener Meriah. Dalam arahannya, Pj. Sekda Bener Meriah mengatakan, intervensi program agar tidak salah sasaran, maka diperlukan akuratnya data dalam Perencanaan Pembangunan Daerah.
Kepala BPS Kabupaten Bener Meriah, Devi Indriastuti, S.ST, M.Si kemudian memyampaikan tentang penyelenggaraan EPSS 2024. Beliau mengawali dengan menyampaikan tentang pentingnya data untuk perencanaan dan evaluasi. Dalam pemenuhan kebutuhan data/statistik di daerah maupun nasional BPS tidak bisa bergerak sendiri. Dalam berjalannya pembangunan, data yang diperlukan seringkali di level yang kecil, seperti desa/kecamatan. BPS tidak dapat memenuhi ini karena keterbatasan metodologi. Untuk itu perlu adanya peran pemerintah daerah yang ikut memenuhi kebutuhan data dengan melakukan kegiatan pendataan seperti survei atau yang disebut statistik sektoral. Penyelenggaraan statistik sektoral ini kemudian dievaluasi dalam kegiatan EPSS.
Hasil dari EPSS adalah Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang menggambarkan tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Bener Meriah. Pada tahun 2022 nilai IPS Bener Meriah mencapai 1,6 dan kemudian meningkat menjadi 1,84 di tahun 2023. Harapannya IPS Kabupaten Bener Meriah dapat meningkat lagi di tahun 2024.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (Statistics Indonesia)Jl. Bandara Rembele-Pante Raya

Wonosobo

Kec. Wih Pesam. Telp/Fax:(0643) 8001034

Email: ipds1117@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik